Quick Count Pilpres 2024 02 Amin 02 Prabowo-Gibran 03 Ganjar-Mahfud

Quick Count Pilpres 2024 01 Amin 02 Prabowo Gibran 03 Ganjar Mahfud - Kini tiba saat yang dinanti pemilihan umum presiden republik Indonesia telah sampai pada puncaknya sekitar 270 juta rakyat Indonesia akan berpartisipasi dalam pemilihan umum Pilpres tahun ini yang di dominasi oleh anak muda, menggantikan peran orang tua mereka dalam kehidupan, terlepas dari siapa saja yang akan terpilih nantinya kita harus menaruh respek siapa saja yang menang maka kita harus terima dengan lapang dada.

Proses perhitungan suara akan dilakukan melalui mekanisme langsung dan offline tidak ada campur tangan perhitungan melalui online, hal ini untuk memastkan semua pelaksanaan dan hasil perolehan suara sesuai dengan yang ada di lapangan, karena jika online di kwatirkan akan terjadi kebocoran data dan infrastruktur keamanan cyber kita belum mendukung hal tersebut.

Meski pelaksanaan Pilpres sudah mencapai puncaknya pada hari ini, proses perhitungan langsung surat suara akan berlangsung lebih dari 2 pekan dan berdasarkan pemilu 5 tahun yang lalu hasil surat suara atau lebih dikenal dengan Real Count KPU akan berlangsung lebih dari 1 bulan, para KPPS akan berjibaku untuk melakukan perhitungan surat suara di setiap TPS yang ada di masing-masing RT di seluruh Indonesia.

Namun kita sebagai para pemilih tidak perlu kwatir karena meski real count KPU akan berlangsung lama ada metode Quick Count yang dilakukan lembaga survei diseluruh Indonesia, kita akan memperoleh hasil Pilpres hanya hitungan jam, dan tingkat keakuratannya diatas 90% dengan margin erro sekitar dibawah 5%-10%.

Apabila hasil Pilpres dari masing-masing pasangan calon selisih lebih dari 10% dalam perhitungan Quick Count maka dipastikan akurasi perhitungan mencapai 98%, namun perhitungan ini akan sangat sulit dibedakan jika masing-masing pasangan calon presiden memperoleh suara hanya selisih 5% karena ada margin of error dari perhitungan statistik tersebut.

Selama periode Pilpres dari jalam reformasi sampai saat ini tidak pernah terjadi perolehan suara selisih dibawah 10% artinya hasil Quick Count akan valid tidak jauh berbeda dengan perhitungan real count KPU, selain itu akan ada banyak perbedaan hasil Quick Count dari masing-masing paslon hal ini akan sangat membingungkan mana hasil yang bisa dipercaya.

Berdasarkan pengalaman admin menjadi penulis hasil quick count lembaga survei yang kredibel seperti litbang kompas yang disiarkan oleh Kompas TV selalu akurat dalam memberikan hasil Quick Count dan tidak ada kepentingan politik sebagai TV swasta admin selalu menjadikan patokan survei Quick Count Kompas menjadi rerefensi utama dalam melihat hasil Quick Count.

Hal itu bukan tidak berdasarkan karena berdasarkan Pilpres sebelumnya data tersebut paling mendekati hasil real count, namun untuk pengumuman resmi tentunya kita harus menunggu dari hasil perhitungan suara real count KPU. Perlu diingat bahwa admin sendiri tidak ada kepentingan untuk mendukung atau memenangkan dari satu pasangan calon tertentu.

Semua informasi yang admin tulis berdasarkan data hasil Quick Count dan Real Count KPU yang terpercaya, jadi informasi yang akan admin berikan terkait dengan Qucik Count Pilpres bersifat netral dan tidak memilihak pasangan calon mana pun dan murni memberikan informasi kepada rakyat Indonesia yang dapat dipertanggung jawabkan sumber datanya.

Untuk melihat hasil sementara Quick Count Pilpres berikut informasi dikutip dari sumber Kompas dan lembaga survei terpercaya serta basis data Real Count KPU berikut informasinya.

Hasil Qucik Count 1. AMIN

Perolehan Suara : 26%


Hasil Quick Count 2 Prabowo-Gibran

Perolehan Suara : 56%


Hasil Quick Count 3 Ganjar-Mahfud

Perolehan Suara : 17%


Perolehan hasil quick count akan terus update secara real time sesuai dengan laporan dari masing-masing tim survei yang ada dilapangan hingga mencapai 100% baru data dapat dinyatakan menang untuk sementara, meski hasilnya tidak akan jauh berbeda kita tentu harus menunggu hasil dari KPU untuk memastikan bahwa salah satu pasangan calon menang.