Hasil Quick Count Papua Barat 2024

Hasil Quick Count Pilgub Papua Barat 2024 - Quick Count Papua Barat - Provinsi Papua Barat adalah salah satu provinsi yang mendapatkan perhatian penuh dari pusat sekitar 500 rb jiwa masyarakat asli Papua tinggal, tumbuh dan dibesarkan, dengan luas wilayah 60.275 km2, memang berbanding terbalik jika dibandingkan luas wilayahnya.

Akhir-akhir ini Papua Barat selalu menjadi topik utama berita bukan karena pencapaiannya tetapi karena banyak masalah seperti pimpinan daerah yang korup membuat anggaran otonomi khusus di Papua seakan sia-sia, Triliunan rupiah dikucurkan untuk kemajuan Papua Barat namun semua dana tersebut tidak sampai ke masyarakat karena di Korupsi.




Sistem kesukuan yang dianut memang rawan akan korupsi karena masyarakat mempercayakan pilihannya pada satu kepala suku, jika kepala suku yang dipercaya tidak baik maka dipastikan semua sistem yang ada akan tidak baik, namun jika satu orang yang dipecaya baik maka sistem keseluruhan juga baik. Itu sudah dibuktikan beberapa pimpinan daerah ditangkap oleh KPK karena kasus korupsi.

Perhatian penuh dari pemerintah pusat tidak serta merta membuat Papua Barat menjadi maju banyak tantangan besar yang dihadapi oleh provinsi ini diantaranya gerakan OPM atau lebih dikenal dengan Operasi Papua Merdeka yang meninginkan Papua Barat lepas dari NKRI menambah deretan panjang masalah yang dihadapi papua.

Tidak main-main para pemberontak telah mengumumkan perang, banyak sandara yang ditawan ditukar dengan kemerdekaan, selain itu kasus penyerangan terhadap fasilitas publik terus terjadi. Sementara dari penindakan gerakan ini sangat sulit diberantas karena daerah yang luas dikelilingi hutan serta pegunungan membuat pemberontak sangat sulit di berantas.

Belum lagi penindakan terhadap OPM membuat citra Indonesia semakin terpojok karena dianggap banyak pelanggaran HAM berat terjadi dalam penumpasan pemberontakan, jadi Indonesia semakin serba salah. Tidak banyak bisa diperbuat. Karena luas wilayah yang masih belum mendapatkan perhatian yang merata membuat Papua Barat sulit mendapatkan akses pembangunan yang merata.

Satu-satunya jalan yang dapat dilakukan yaitu dengan memecah Papua Barat menjadi beberapa Provinsi Baru sudah sangat tepat agar pembangunan lebih tersebar merata. Sedangkan untuk masyarakat Papua Barat mereka sebenarnya tidak peduli tentang gerakan pemberontakan OPM yang mereka inginkan adalah hidup layak seperti kebanyakaan orang siapapun yang memimpin.

Secara geografis letak Papua Barat memang cukup sulit karena mayoritas daerah pegunungan dan hutan, selain itu letak kabupaten dan kota mayoritas berada di daerah terisolir sudah dijangkau berikut daftar kabupaten dan kota yang ada di Papua Barat :

  1. Fakfak  
  2. Kaimana  
  3. Teluk Wondama 
  4. Teluk Bintuni 
  5. Manokwari 
  6. Sorong Selatan 
  7. Sorong 
  8. Raja Ampat 
  9. Tambrauw 
  10. Maybrat 
  11. Manokwari Selatan 
  12. Pegunungan Arfak 
  13. Kota Sorong
Bukan tidak beralasan potensi alam yang sangat besar menjadi salah satu rebutan negara lain, jika berpisah dari Indonesia bisa di ekpolitasi besar berasan, Papua Barat menjadi salah satu penghasil Emas dan turunanannya terbesar dan belum terekspolasi jika dikelolah dengan baik untuk kemajuan daerah pasti dapat membuat Papua Barat Semakin maju.

Belum lagi ditambah dengan potensi wisata seperti Raja Ampat sebagai salah satu keajaiban dunia yang perlu dimaksimalkan keindahan alam dan wisata bawah laut bahkan menjadi yang terbaik di Didunia. Bukan tidak mungkin dikemudian hari Papua Barat akan menjadi Provinsi terkaya di indonesia karena potensi alam yang begitu luar biasa.

Potensi tersebu tidak akan bisa dimaksimalkan jika tidak didukung oleh pemimpin dalam hal ini gubernur harus memiliki visi dan misi yang baik untuk memaksimalkan kekayaan alam tersebut. Dengan adanya pemilihan Gubernur ini diharapkan Papua Barat dapat memilih pemimpin terbaik untuk memaksimalkan semua yang ada di Papua Barat.

Papua Barat sebutan untuk setitik Surga yang Jatuh ke Bumi, Itulah papua sayangnya perintah daerah terdahulu belum bisa memaksimalkan potensi yang ada. Melalui informasi ini admin akan memberikan beberapa uraian Hasil Quick Count Pilgub Papua Barat, data yang kami kumpulkan bersumber dari data Real Count KPU untuk lebih jelas seperti berikut :

Hasil Quick Count Pilgub Papua Barat

1. 
2.