Hasil Quick Count Pilgub Jambi 2024

Hasil Quick Count Pilgub Jambi 2024 - Jambi merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak kekayaan alam seperti hasil perkebunan, yang paling terkenal dari daerah Jambi adalah penghasil buah pinang dan beberapa kekayaan alam lainnya seperti Kopi, Kelapa, Sawit, dan Kebun karet, mayoritas lahan olahan masyarakat fokus pada komiditas seperti sawit dan karet.

Namun hasil bumi yang melimpah tidak selalu menjadi sumber APBD provinsi Jambi, sampai saat ini sumber APBD. Konturibusi terbesar APBD bersumber dari penghasilan pajak masyarakat baik pajak PT, perorangan, PPB, pajak kendaraan dan lainnya. Sebagai salah satu provinsi yang masih memiliki lahan perkebunan yang luas sektor perkembunan masih dapat terus di tingkatkan.



Letak strategis dari Provinsi Jambi menjadi daya dukung untuk pengerak ekonomi dimana menjadi lalu lintas antar provinsi yang menghubungkan berbagai daerah dan menjadi perlintasan kendaraan, Provinsi Jambi tergolong provinsi berkembang dan tidak terlalu besar.

Terdapat sumber daya alam yang cukup melimpah untuk Provinsi Jambi tetapi masalah konflik diwilayah yang memiliki sumber daya alam banyak berbatasan dengan provinsi lain membuat menjadi rebutan ekspoitasi bagi penambang ilegal. Perkembangan Provinsi Jambi masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terutama untuk urusan pemerataan ekonomi dan pembangungan.

Hal itu terlihat pembangunan masih terpusat pada lokasi tertentu seperti Kota Jambi atau kabupaten yang berada pada wilayah tertentu, selebihnya pemerataan ekonomi dan pembangunan masih minim bagi gubernur terpih harus banyak melakukan pembenahan. Meski memiliki banyak kekayaan alam namun APBD Jambi masih harus ditopang dengan dana APBN dari pusat.

Anggaran belanja derah terbesar kota jambi masih banyak untuk SDM, belum meratanya pembangunan dan ekonomi di Jambi masih menjadi masalah terbesar, terutama daerah yang masuk dalam zona terdalam akses jalan masih perlu harus di benahi agar penyaluran hasil Bumi dapat dilakukan dengan cepat dan tidak banyak memotong biaya bagi pentani.

Perusahaan besar yang berada di luar Provinsi Jambi mulai melirik Jambi sebagai salah satu investasi terutama sektor perkebungan seperti kelapa sawait, terhitung setiap tahun terdapat penambahan perusahaan besar yang melakukan ekspansi di Kota Jambi, Pajak dari Corporasi juga terbilang sangat tinggi, hanya saja masalah korupsi pejabat menjadi salah satu hal yang harus dibenahi.

Terdapat sekitar 3.5 juta populasi masyarakat Provinsi Jambi dan akan terus bertambah setiap tahun dengan luas wilayah sekitar 50 ribu km2 lebih. Dikutip dari situs resmi provinsi Jambi berikut data kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jambi

  1. Kota Jambi 
  2. Kota Sungai Penuh 
  3. Kabupaten Tebo 
  4. Kabupaten Tanjung Jabung Timur 
  5. Kabupaten Tanjung Jabung Barat 
  6. Kabupaten Sarolangun 
  7. Kabupaten Muaro Jambi 
  8. Kabupaten Merangin 
  9. Kabupaten Kerinci 
  10. Kabupaten Bungo 
  11. Kabupaten Batanghari
Jumlah penduduk terpat berada di Kota Jambi dengan 600 ribu lebih populasi dan diikuti oleh kabupaten lain dengan rata-rata jumlah penduduka lebih dari 300 rb hingga 200 rb jiwa dan akan terus bertambah seiring pekerbangan jaman. Provinsi Jambi menjadi salah satu provinsi yang memiliki keterbukaan politik bahkan beberapa kali bupati terpilih Jambi bukan dari suku asli Provinsi Jambi.

Siapapun yang dianggap pantas meski berasal dari luar Provinsi Jambi akan mampu memikat hati masyarakat provinsi Jambi. Sampai saat ini Provinsi Jambi menjadi salah satu daerah penting yang ada menghubungkan beberapa wilayah dan berbatasan lintas provinsi, infrastruktur jalan menjadi penunjang penting di Jambi.

Berikut hasil perhitungan Quick Count Pilgub Jambi dikutip dari website KPU melalui perhitungan sementara Real Count, data yang kami publikasikan sama dengan perhitungan manual KPU tidak ada faktor keberpihakan, tim kami juga tidak pernah mendukung salah satu pasangan calon Gubernur Jambi. Informasi yang diberikan murni hasil Real Count KPU.

Hasil Quick Count & Real Count Gubernur Jambi 
1. 
2.