Hasil Quick Count Pilgub Sulbar 2024

Hasil Quick Count Pilgub Sulbar 2024 - Sulbar merupakan salah satu provinsi yang ada di pulau Sulawesi, terkadang memang cukup membingungkan dalam penyebutan sebab ada kemiripan dari penyebutan provinsi yang ada di Sumatera. Sulbar menjadi salah satu provinsi yang memiliki populasi cukup kecil dan bisa dibilang yang paling kecil jika dibandingkan dengan dengan provinsi lain.

Memiliki Populasi sekitar 1.5 juta jiwa dengan luas wilayah 1,6 juta km2 berbanding dari letak geografis sangat luas. Salah satu ciri khas dari Sulawesi Barat adalah hasil rempah-rempah yang melimpah, rata-rata produk rempah ekspor dan kebutuhan nasional berasal dari Sulawesi Barat. Bahkan salah satu alasan Belanda dan Portugis menjajah Indonesia untuk menguasai rempah-rempah yang ada di sekitaran pulau Sulawesi.

Menjadi salah satu penghasil rempah terbesar di Indonesia menjadikan Sulawesi Barat salah satu provinsi yang makmur, selain dari hasil Bumi, Provinsi Sulbar memiliki kekayaan laut yang melimpah sebagai salah satu sumber ABPD, ditambah dengan tempat wisata dan lainnya. Secara nasional masyarakat Sulawesi menjadi yang paling jarang melakukan protes dan dianggap sistem politik stabil.

Hanya saja jika melihat dari sisi lain akan ada banyak masalah yang ditimbul disana, paling sering kasus tawuran antar warga, kelompok tertentu, pelajar bahkan mahasiswa selalu menjadi langganan hanya saja itu bukan sesuatu yang mengkwatirkan. Jauh dari pada itu Sulbar menjadi salah satu Provinsi dengan stabilitas politik yang cukup baik.

Angka kemiskinan di provinsi ini terbilang cukup kecil dibandingkan dengan provinsi dengan populasi padat, hanya saja yang menjadi masalah adalah letak geografis dari Sulbar yang membuat hasil bumi dan pendistribusian hampir semuanya menggunakan jalur laut, disisi lain pendistribusian hasil bumi yang cukup panjang membuat pentani terbebani dengan hasil bumi yang dipatok harga murah.

Padahal hasil rempah dari Sulbar akan dijual sangat tinggi jika masuk pasar ekspor atau sudah sampai di provinsi lain. Seharusnya pemerintah dapat memfalisitasi petani yang dapat menjual langsung ke pasar dengan akses pasar berbasi daring atau lainnya. Hal itu dirasa akan dapat meningkatkan penghasilan petani.

Masa keemasan dari rempah terjadi sejak jaman kolonial bahkan saat itu rempah dari pulau maluku dan Sulawesi memiliki harga yang jauh lebih mahal dari pada emas. Kejayaan rempah sudah seharusnya kembali ke puncaknya jika penerapan sistem perdangan dimana petani bisa langsung ekspor akan membuat kemakmuran seperti pada puncak kejayaan masa lalu.

Saat ini sistem perdangan hasil bumi yang ada di Sulbar mayorita di tangan pengepul/agen dimana masyarakat menjual hasil bumi dengan harga yang sudah ditentukan oleh regulasi. Semoga dengan perpilihnya Gubur baru dapat meningkatkan ekonomi di Sumbar. Terdapat banyak kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Sulbar seperti berikut :

  1. Majene 
  2. Polewali Mandar 
  3. Mamasa 
  4. Mamuju 
  5. Pasangkayu 
  6. Mamuju Tengah
Sumber APBD Provinsi Sulbar selain dari hasil bumi juga di sumbang dari hasil alam lainnya, pajak daerah dan suntikan APBN dari pusat. Masalah kemiskinan masih menjadi salah satu permasalahan yang harus diperhatikan bagi Gubernur terpilih, selain itu letak geografis yang membutuhkan banyak infrasutruktur seperti jalan dan pelabuhan harus leih ditingkatkan.

Berikut data Hasil Quick Count Gubernur Sulbar diambil dari hasil perhitungan sementara Real Count KPU, publikasi ini bersifat netral, web ini tidak bekerjasama atau mendukung salah satu pasangan calon, dan kami menentang keras berita hoax. Semua data yang dipublikasikan dapat dipertanggung jawabkan karena sama dengan hasil perhitungan Real count KPU.go.id


Hasil Quick Count Gubernur Sulbar 
1.
2.