Hasil Quick Count Pilgub Aceh 2024

Hasil Quick Count Pilgub Aceh 2024 - Quick Count Aceh 2024 - Provinsi Aceh merupakan daerah Istimewa dimana sistem dan tata kelola pemerintahan diatur berdasarkan syariat Islam, selain itu dalam pemilu partai lokal aceh dapat berpartisipasi secara langsung secara nasional bahkan dapat mengusung calon sendiri jika memenuhi syarat dan ketentuan pemilu.

Selain itu sistem pemerintah diatur secara khusus berdasarkan hukum islam, hal ini inilah yang membedakan antara Provinsi Aceh dengan daerah lain, beberapa hukum negara tidak berlaku di derah Aceh. Jumlah penduduk Aceh sekitar 5.3 juta penduduk, terdiri dari masyarakat asli Aceh dan sekitarnya. Secara umum sistem pemerintah Provinsi Aceh sama seperti kesultanan Islam pada masanya.


Tentu hal tersebut patut diacungi jempol karena hanya Provinsi Aceh yang mampu menerapkan syariat Islam hampir ke seluruh daerah. Berdasarkan pemetaan letak geografis dari Aceh beradapan langsung dengan beberapa wilayah seperti Malasyia, bahkan sampai saat ini masih mendapatkan sebutan serambi Mekkah.

Pemulihan ekonomi pasca bencana alam Tsunami pada beberapa tahun menyebabkan keterpurukan bagi masyarakat Aceh, namun seiring berjalannya waktu kini sudah berkembang pesat bahkan melampai provinsi lain. Dengan luas wilayah sekitar 58 ribu H2 ada banyak sekali potensi alam yang dapat dimaksimalkan oleh aceh seperti hasil bumi berupa Minyak dan Gas.

Tidak banyak yang tau bahwa Aceh memiliki SDA yang berlimpah dari pertambangan seperti Minyak dan Gas, selain itu sektor Wisata alam dan kuliner juga menjadi salah satu kekayaan Aceh, selain itu beberapa wilayah memiliki hasil bumi lain seperti perkebunan dan lainnya. 

Kontribusi terbesar APBD Aceh bersumber dari Pajak, kesadaran akan membayar pajak di Aceh cukup tinggi. Namun ditengah-tengah kejayaan dan reformasi birokrasi yang diharapkan full sesuai syarit islam kedepan, Aceh memiliki segudang pekerjaan rumah yang harus diperbaiki seperti pembangunan infrastruktur.

Pembenahan sumber daya manusia yang masih tergolong rendah dan beberapa ancaman lain seperti ideologi garis Islam garis keras yang secara tersembunyi berkembang. Dengan adanya pengawasan yang ketat dari pemerintah pusat diharapkan dapat memajukan Aceh kedepan. Sektor pendidikan harus menjadi perhatian.

Secara umum letak geografis dari Provinsi Aceh tidak begitu luas dan terbilang sedang, dengan luas wilayah tersebut aceh diuntungkan secara letak karena berdekatan dengan bibir pantai kedepan dapat memaksimalkan sektor pariwisata seperti bali, beberapa kabupaten kota yang ada di bawah Provinsi Aceh seperti berikut :

  1. SIMEULUE
  2. ACEH SINGKIL 
  3. ACEH SELATAN  
  4. ACEH TENGGARA 
  5. ACEH TIMUR  
  6. ACEH TENGAH  
  7. ACEH BARAT  
  8. ACEH BESAR 
  9. PIDIE 
  10. BIREUEN 
  11. ACEH UTARA 
  12. ACEH BARAT DAYA 
  13. GAYO LUES 
  14. ACEH TAMIANG
  15. NAGAN RAYA 
  16. ACEH JAYA 
  17. BENER MERIAH 
  18. PIDIE JAYA  
  19. BANDA ACEH 
  20. SABANG 
  21. LANGSA 
  22. LHOKSEUMAWE  
  23. SUBULUSSALAM
Sampai saat ini pilkada Aceh memiliki dua warna, pertama kaum muda dimana mengharapkan pemimpin yang kekinian dan dapat mengkolaborasikan kemajuan jaman dengan syariat Islam, kedua golongan tua dimana mengharapkan semua kebudayaan peninggalan leluhur tetap dipertahankan tanpa ada campur tangan dari budaya saat ini yang dipandang dapat merusak syariat Islam yang ada di Aceh.

Terlepas dari cara pandang kedua kelompok, tentu Aceh mengaharapkan memilih pemimpin terbaik yang dapat menjaga amanat rakyat. Meski proses pemilihan dan perhitungan suara dilakukan relatif lama, namun dengan metode Quick Count kita akan mendapatkan hasil perhitungan yang akurat karena data yang diambil melalui perhitungan Real Count KPU. Adapun hasil perolehan Quick Count Pilgub Aceh sebagai berikut :